Resep Kerak Telor Spesial

Resep Kerak Telor Spesial.jpg

Kerak telor merupakan salah satu masakan oleh oleh khas malang dan juga khas Betawi, dan sesuai dengan nama nya, “Kerak Telor” ini memang menggunakan Telur sebagai bahan dasarnya. Kerak telor ternyata sempat menghilang, hal tersebut ditunjukan dari berkurang nya pedagang-pedagang kerak telor di beberapa ibu kota, namun sejak kembali nya cinta tanah air oleh masyarakat Indonesia, akhirnya kerak telor kembali populer.

Kerak telor sendiri terbuat dari telor bebek, dengan beberapa kombinasi bumbu-bumbu halus dan campuran penyedap alamu lainnya. Sebernarnya banyak orang yang ingin mencicipi kerak telor ini, namun karena mungkin saja didaerah mereka tidak ada yang menjual kerak telor. Tapi tidak usah khawatir, karena oleh-oleh khas malang ini akan jadi pilihan kamu.

Bahan – bahan :

– 100 gram beras ketan putih

– 250 ml air

– 100 gram kelapa parut kasar, disangrai untuk taburan

– 5 butir telur bebek

– 15 gram ebi, diseduh, disangrai, dihaluskan

– 30 gram bawang merah goreng

– 1 sendok makan minyak untuk menumis

– bawang merah goreng untuk taburan

Bahan – bahan bumbu :

– 4 buah cabai merah keriting

– 3 cm kencur

– 1 cm jahe

– 1/2 sendok teh merica

Langkah – langkah :

1. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum.

2. Rendam beras ketan putih dan air semalam. Tiriskan.

3. Panaskan wajan cekung. Beri 1 1/2 sendok makan beras ketan putih. Siram dengan 3 sendok makan air rendaman beras. Biarkan sampai setengah kering.

4. Kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh garam, dan 1 /8 sendok teh gula pasir.

5. Siram ke atas ketan. Aduk-aduk sambil diratakan di penggorengan. Biarkan sampai matang sambil ditutup. Batik penggorengan di atas bara api. Biarkan sampai matang. Angkat.

6. Tabur kelapa sangrai dan bawang merah goreng.

Bagaimana ? Mudah bukan ? saya rasa tiap bahan yang digunakan untuk membuat kerak telor ini mudah ditemukan di pasar tradisional, dan harga nya pun terjangkau. Dengan Resep Kerak telor di atas, anda sudah bisa mencicipi kerak telor khas betawi dirumah anda. Sajikan hangat kepada rekan dan keluarga anda :D. Selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya :

http://dapuranggi.id/15-oleh-oleh-khas-malang-recommended-dan-harganya.html

Leave a comment